Contoh Fintech Di Indonesia Resmi

By | March 24, 2021
Spread the love

Financial Technology itu merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk penggunaan layanan keuangan yang menggunakan teknologi berbasis internet. Ini adalah sebuah terobosan baru untuk memberikan kemudahan layanan keuangan bagi para pengguna langsung dari layanan keuangan tersebut. Dan memang secara nyata fintech di Indonesia ini mampu mempercepat proses layanan keuangan yang selama ini terjadi di Bank. Memang ada banyak sekali kelebihan dari fintech ini di Indonesia, akan tetapi juga ada kekurangan yang cukup besar dari inovasi fintech di Indonesia. Kekurangan dari fintech ini yang terbesar adalah sangat mudah sekali terjadi penipuan yang membuat orang tidak merasa aman. Karena itulah diperlukan pengetahuan mengenai fintech resmi di Indonesia yang jelas aman.

Contoh Fintech Di Indonesia Terdaftar Ojk

Sebenarnya memang bila ingin mempergunakan layanan keuangan berbasis fintech ini harus memperhatikan satu hal yang penting supaya bisa aman. Hal tersebut adalah apakah perusahaan layanan keuangan digital itu sudah terdaftar pada OJK ataukah belum, OJK adalah otoritas jasa keuangan resmi. Hal ini perlu diperhatikan demi keamanan masyarakat sebelum menggunakan jasa keuangan perusahaan tersebut. Tugas OJK adalah menjamin keamanan dari setiap jasa keuangan di Indonesia dan juga menjamin keamanan dari masyarakat yang mempergunakannya. Jadi bila sudah terdaftar di OJK bisa dibilang penyelenggara fintech tersebut resmi dan aman untuk digunakan oleh masyarakat.. Berikut ini ada beberapa contoh fintech yang sudah memiliki ijin resmi dari OJK yang bisa menjadi rekomendasi.

  1. Modalku

Modalku adalah sebuah perusahaan digital yang bergerak di bidang jasa keuangan, namun perusahaan ini sebagai penyalur. Jadi Modalku ini menjadi sebuah wadah bagi orang yang ingin berinvestasi dengan memberikan pinjaman uang sebagai modal usaha. Dan juga menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin dan membutuhkan pinjaman sebagai modal usaha untuk memulai ataupun mengembangkan usaha. Dengan sistem yang baik dan bisa dibilang cukup ketat, nyatanya perusahaan ini bisa menjadi jalan untuk pergerakan perekonomian di Indonesia. Sebab perusahaan ini mendorong kemajuan usaha baru dan juga memperbesar usahanya dengan investasi baik dari sisi pemberi pinjaman ataupun peminjam. Mereka berbasis di DKI Jakarta.

  1. KTA Kilat

KTA Kilat adalah sebuah aplikasi smartphone yang dibuat oleh PT Pendanaan Teknologi Nusa yang melayani kredit pinjaman tunai. Aplikasi tersebut menyediakan pinjaman tunai tanpa harus menggunakan jaminan apa pun, hanya menggunakan KTP saja. Namun limit pinjaman itu didasarkan pada kredit skor yang dimiliki oleh akun pada aplikasi KTA Kilat tersebut. Kredit skor itu dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kelengkapan data diri pada akun akan meningkatkan skor kredit. Konsep pinjaman cepat tanpa jaminan ini tentu menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik bagi siapa pun juga. Dan aplikasi ini bisa dibilang cukup aman karena sudah memiliki ijin dari OJK.

  1. Kredit Pintar

Hampir sama dengan KTA Kilat, Kredit Pintar juga merupakan sebuah aplikasi smartphone untuk melakukan pinjaman dengan cara online. Kredit Pintar ini merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah diawasi oleh OJK dan juga tanpa jaminan apa pun juga. Aplikasi ini sudah bisa didapatkan dengan mudah di Playstore ataupun Appstore, jadi orang bisa pinjam online dengan download aplikasi. Dan proses dari pengajuan kredit pada aplikasi ini pun cukup cepat selama dokumen yang harus diupload itu sudah lengkap. Perusahaan pembuat aplikasi ini berbasis di District 8 treasury tower lantai 53 di Jakarta.

  1. Finmas

Finmas adalah sebuah aplikasi kredit uang tunai dari PT Oriente Mas Sejahtera yang merupakan perusahaan pemberi pinjaman online. Perusahaan ini sudah memiliki ijin dari OJK, jadi bisa dibilang resmi dan juga aman karena diawasi langsung oleh OJK. Perusahaan ini menjadi jalan bagi orang yang membutuhkan pinjaman yang cepat dengan proses yang mudah dan terjangkau. Ada 2 produk dari Finmas ini yakni produk pinjaman limit tinggi dan minim persyaratan. Limit tinggi ini tentunya membutuhkan persyaratan yang cukup banyak, namun bisa diupload saja tidak harus menyerahkan dokumen. Untuk minim persyaratan hanya membutuhkan KTP namun limit kreditnya sangat rendah yakni maksimal 500 ribu saja.

  1. KlikACC

Klikacc juga merupakan perusahaan pinjam meminjam uang dengan menggunakan peer to peer lending atau menggunakan cara online. Sistem dari Klikacc ini sebenarnya hampir sama dengan Modalku, dimana dia adalah penghubung antara pemberi pinjaman dengan peminjam. Sebagian besar pihak yang bisa memberikan pinjaman adalah UMKM yang ingin memajukan usaha mereka dan memperbesar usaha mereka. Melalui aplikasi ini peminjam akan bisa dengan mudah menemukan pemberi pinjaman dan bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat. Dengan mitra yang cukup luas membuat perusahaan ini cukup kuat menjadi sebuah lembaga keuangan yang memberikan pinjaman cepat dan tepat.